Sejarah terbentuknya Himpunan Mahasiswa Akuntansi dimulai dengan dibentuknya Keluarga Mahasiswa Tata Niaga Politeknik Negeri Ujung pandang (KMTN-PNUP), bersamaan dengan dibukanya Jurusan Tata Niaga di kampus kita pada tahun 1992, yang saat itu terbagi menjadi dua program studi, yaitu Administrasi Niaga dan Akuntansi.
Kemudian pada tanggal 4 Mei 1996, Jurusan Akuntansi resmi memisahkan diri dari Jurusan Tata Niaga, dan Keluarga Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang berubah menjadi Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJ-Ak). Pada musyawarah Besar HMJ-ak bulan April 1998 berubah nama menjadi Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA).
Pada Mubes yang dilaksanakan pada bulan Januari 2000 di Malino diputuskan untuk membentuk sebuah dewan legislatif yang diberi nama Dewan Perwakilan Mahasiswa Akuntansi (DPM-Ak) yang terdiri dari ketua dan beberapa komisi. DPM ini bertindak sebagai badan pengawas kebijakan Pengurus Harian Organisasi dan bertanggung jawab langsung pada Musyawarah Besar HMJ-Ak. Pada Mubes HMJ-Ak bulan januari 2004 DPM-ak dihapuskan dan digantikan dengan sebuah badan yang disebut Internal Control.
Untuk lebih menegaskan tentang keberadaan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) maka pada Mubes bulan Januari 2005 singkatan dari Hinpuanan Mahasiswa Akuntansi yaitu HMA ditambah menjadi HMA-PNUP. Selain itu, diputuskan juga untuk menghapus Internal Control dan digantikan kembali oleh dewan legislatif DPM-Ak.
Kemudian mengenai pelaksana eksekutifnya diberi nama Pengurus Harian Organisasi Himpunan Mahasiswa Akuntansi (PHO HMA) yang berkewajiban untuk mempertanggungjawabkan program kerja HMA kepada DPM-ak yang disaksikan oleh seluruh mahasiswa Akuntansi dalam MUBES. Tapi, setelah melalui perdebatan yang cukup alot dengan berbagai alasan-alasan, pada MUBES 2007, DPM-Ak dihilangkan dalam struktur HMA-PNUP, secara otomatis PHO-HMA bertanggung jawab langsung pada MUBES HMA. Pada musyawarah besar tahun 2009 DPM-Ak kembali dibentuk kemudian bertahan hingga tahun 2014. Kemudian pada tahun 2014 DPM-Ak kembali dihapuskan berdasarkan keputusan bersama.
PHO HMA saat ini terdiri dari Presidium (Ketua Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum, Ketua I, dan Ketua II) dan Departemen serta Unit kegiatan Himpunan (UKH) yang jumlah dan jenisnya ditentukan berdasarkan Rapat Presidium

Hits: 503